Sabtu, 25 Januari 2020

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Meminjam Online


Halo teman-teman?

Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga masih dalam keadaan sehat wal afiat. Kali ini, aku akan share artikel yang berisi 3 hal yang harus diperhatikan sebelum meminjam online. Banyak orang yang terlena dengan berbagai kemudahan yang diberikan dalam kegiatan pinjam online. Memang sih, mudah tapi dampaknya itu besar banget kalau kita belum paham 3 hal ini.

1. Kemampuan dalam Membayar

Pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah kesiapan dan seberapa besar kemampuan kita dalam membayar. Tidak mudah, untuk membayar hutang dengan jumlah yang sangat besar, sehingga malah membuat kita kesusahan.

Sebelum melakukan pinjaman, kalian harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh penyedia dana. Pihak yang menyediakan dana akan melihat status kemampuan kalian bisa dengan melihat pendapatan atau gaji, kondisi keuangan, dan aspek lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian bisa mengukur tingkat kemampuan dalam sebelum menentukan besaran pengajuan dana. Dan pastikanlah mampu membayar sebelum jatuh tempo, agar kalian tidak mendapat denda.

2. Suku Bunga Lebih Tinggi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah suku bunga pinjaman. Kalian harus tau terlebih dahulu, berapa besaran suku bunga yang harus dibayarkan. Tentunya setiap penyedia baik perorangan, maupun bank memiliki kebijakan yang bervariasi dalam menentukan besaran suku bunga.

Juga kalian harus melakukan persiapan berupa planning finansial atau strategi pembayaran jauh jauh hari untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar pinjaman dengan baik. Kalian juga bisa menanyakan secara detail suku bunga dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Dan oh iya, untuk besaran yang harus dibayar, yang disarankan oleh para ahli finansial yakni pengeluaran harus tidak lebih dari 30 persen. Ya itu untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu membutuhkan dana saat waktu yang kurang tepat.

Bisa dilihat cicilan produk lain, KTA, dan keuangan lainnya, jika melebihi 30 persen itu tandanya kondisi keuangan mulai tidak sehat. Jangan memaksa untuk mengambil resiko dengan meminjam online.

3. Jangka Waktu yang Lebih Pendek

Selain itu juga, hal lain perihal waktu. Kapan pinjaman tersebut dibayarkan, dan berapa jatuh temponya, semua harus ditanyakan dengan detail. Pastinya kita tidak ingin dikejar kejar untuk melunasi hutang, oleh karena itu, pastikan jangka waktu yang baik untuk kesehatan finansial kalian.

Saya pribadi juga menyarankan untuk melakukannya kepada perorangan atau organisasi yang telah terverifikasi. Misalnya banyak sekali info pinjaman online tanpa slip gaji yang bisa kalian coba.

Jadi, terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Meminjam Online dapat memberikan wawasan lebih kepada kita semua.

Artikel ini dikirim oleh warnabiru.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar